Kegiatan Pengabdian Masyarakat Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP

Saat ini  sampah masih menjadi masalah utama yang terjadi di Jakarta saat ini. Kesadaran masyarakat yang kurang akan masalah sampah menjadi salah satu faktor menumpuknya sampah di lingkungan kita. Dari sampah yang menumpuk itu, sebenarnya ada banyak cara untuk menguranginya. Selain itu  perlu mengenal terlebih dahulu jenis-jenis sampah, ada yang sampah organik dan anorganik.Sampah organik adalah sampah yang mudah terurai seperti daun-daun kering, sayur-sayuran bekas, dll. Sedangkan sampah anorganik adalah sampah yang sangat sulit terurai dan butuh waktu sampai puluhan tahun untuk menguraikan barang-barang itu seperti bahan plastik, kertas, kaleng, dll.

Mahasiswa Ilmu Komunikasi , Nuke Amalia L,Adela Farhana dan Stiza Xania melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat ke   SMA Negri 46 jakarta Selatan pada  Selasa, 2 Desember 2014. Sosialisasi dilakukan dengan menyampaikan materi tentang Pengelolaan Sampah melalui presentasi materi, menayangkan  film pendek (short movie ), dan komunikasi interaktif melalui tanya jawab dan games atau kuiz sehingga siswa SMA dapat memahami pesan pada kegiatan ini. Sosialisasi dihadiri oleh  sekitar 30 siswa.

Kegiatan ini merupakan bagian dari tugas mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi dalam  matakuliah Perilaku Konsumen dimana para mahasiswa mendapat tugas kelompok untuk membuat tayangan edukasi bagi konsumen remaja untuk menumbuhkan kesadaran tentang bagaimana mengonsumsi produk atau berperilaku bijak sebagai konsumen.

Dari kegiatan ini mahasiswa juga menerima masukan dari siswa SMA mengenai materi yang ditayangkan ataupun cara menyampaikan pesan tentang materi Pengelolaan Sampah sehingga dapat dilakukan perbaikan.