PUSAT STUDI KOMUNIKASI (PUSKAKOM) UAI

Tentang Kami

Pusat Kajian Komunikasi Universitas Al Azhar Indonesia (Puskakom UAI) adalah lembaga yang bergerak di bidang Penelitian, Pelatihan, Konsultasi, Publikasi , serta Komunikasi Strategik, dalam bidang kajian dan praktek Komunikasi. Namun demikian, kagiatan yang dilakukan bersifat interdisipliner dan terkait dengan berbagai issue lainnya seperti issue sosial, politik, budaya, kesehatan, pariwisata, organisasi dan sebagainya. Puskakom UAI  berdiri pada tahun 2006, dan diresmikan oleh Rektor Universitas Al Azhar Indonesia. Puskakom UAI berada di bawah Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Al Azhar Indonesia.

Saat ini Puskakom UAI berlokasi di gedung Kampus Universitas Al Azhar Indonesia, lantai.4. Berkembangan komunikasi, teknologi dan masyarakat dewasa ini begitu pesat di era global. Tuntutan perubahan ini hendaknya ditanggapi dan direspon dengan cepat  oleh organisasi guna menjadikan  organisasi bisa beradaptasi dengan perubahan tersebut. Dalam konteks ini, pemahaman organisasi atau perusahaan mengenai perubahan dan publiknya menjadi sangat penting. Hal inilah yang dilihat sebagai peluang kerjasama oleh Puskakom UAI guna memberikan sumbangsihnya bagi masyarakat dan berbagai organisasi di Indonesia.

Puskakom UAI ditempatkan sebagai Ventura, sekaligus sebagai Center of Excellent  bagi laboratorium pengembangan Kajian Komunikasi di Universitas Al Azhar Indonesia pada khususnya dan di Indonesia pada umumnya. Kehadiran Puskakom UAI sekaligus menjadi pendukung visi dan misi Universitas sebagai Universitas Riset yang bergengsi. Puskakom UAI berupaya mendukung dan memenuhi tuntutan perkembangan dan perubahan global, serta membangun link and match dunia pendidikan tinggi, masyarakat dengan industri dan para user komunikasi. Puskakom UAI menyediakan segudang keahlian, jasa dan bantuan pelayanan di bidang komunikasi bagi para pihak dan organisasi yang membutuhkan. Kemampuan ini didukung oleh daya cipta dan sumber daya manusia yang profesional di bidang Komunikasi, yang lintas disiplin.

 

VIsi dan Misi

Visi

Manjadi Lembaga Penelitian, Pelatihan dan Pengembangan Komunikasi yang Kompetitif, Profesional, berbasis ilmiah dan teknologi bagi Kepentingan Masyarakat, Industri, Pendidikan dan Pembangunan Nasional di Era Global.

Misi

  1. Memberi akses kerjasama, pelayanan, dan pengembangan Komunikasi.
  2. Melakukan kerjasama untuk Konsultasi Organisasi dan Pelatihan, baik yang terkait dengan public Internal perusahaan dan eskternal perusahaan (Masyarakat sekitar perusahaan, Investor, Customer, dsb), dalam berbagai issue yang terkait.
  3. Menjadi Pusat Informasi dan database bagi pihak-pihak yang membutuhkan, yang terkait dengan issue komunikasi dan masyarakat berbasis riset.
  4. Memberikan bantuan dan kerjasama di bidang komunikasi praktis dan strategic.

 

Lingkup Kerja

1.   Penelitian

Penelitian di Puskakom UAI dilakukan dengan menerapkan penggunaan metode dan teknik riset ilmiah yang menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. (Survei/Polling, Eksperimen, Wawancara Mendalam, Focus Group Discussion/FGD, Participatory Research, Observasi).

Penelitian menggunakan data terukur dari lapangan. Hal ini bertujuan  data bisa menjadi rujukan  bagi perusahaan atau lembaga untuk melihat, mengobservasi dan memetakan masalah secara mendalam, implementif dan praktis, yang pada akhirnya diharapkan dapat membantu membuat perencanaan program atau mencapai tujuan organisasi. Penelitian dilakukan khususnya di bidang Komunikasi, serta bidang lainnya yang terkait dengan kepentingan industri/perusahaan (Issue  organisasi, sosial, ekonomi, budaya dan lingkungan). Penelitian yang dilakukan misalnya terkait dengan penelitian di bidang sosial ekonomi  perusahaan, penelitian komunikasi politik, penelitian CSR, penelitian Citra perusahaan; penelitian analisis isi media; Penelitian perilaku konsumen dan penggunaan media

2.    Pelatihan,Seminar & Capacity Building

Puskakom UAI menyelenggarakan berbagai program pelatihan bersertifikat, baik yang bersifat jangka pendek, menengah atau panjang (berseri). Kegiatan bisa dilakukan dalam organisasi (in-house training) atau di tempat yang difasilitasi oleh Puskakom UAI. Puskakom UAI juga  memfasilitasi penyelenggarakan diskusi dan seminar yang berkaitan dengan Komunikasi dan issue lainnya. Kegiatan yang dilakukan misalnya terkait dengan kegiatan: Pelatihan bahasa (Bekerjasama dengan Pusat Bahasa UAI), Pelatihan Metodologi dan Riset;  Pelatihan Pembuatan Proposal Penelitian, Proposal Event; Pelatihan Managemen Bencana; Pelatihan Public Speaking; Pelatihan Monitoring Media; Pelatihan CSR, Capacity Building bagi Karyawan,; Capacity Building bagi  Community Development Officer, Social Planning dan Managemen Strategis; Pelatihan Web dan Jaringan, Pelatihan Service Excellent, Seminar Literasi Media, Bedah Buku, Pelatihan Monitoring dan Analisis Isi Media, dsb

3.    Konsultasi & Community Service

Puskakom UAI menyelenggarakan kegiatan konsultasi mengenai atau untuk berbagai bidang praktis komunikasi. Misalnya yang terkait dengan media internal, Public Affairs, Customer Service, Branding Corporate Identity, Kampanye Perusahaan atau Produk.

Dalam posisi ini, Puskakom UAI juga bisa bertindak sebagai Pusat Informasi dengan menyediakan basis data perkembangan oraganisasi pesaing produk, media, periklanan, kehumasan, kondisi sosial ekonomi masyarakat, dan sebagainya.

Puskakom UAI juga memberikan bantuan untuk memfasilitasi dan menjembatani kegiatan komunikasi dan sosial perusahaan dengan publiknya dalam bentuk kegiatan CSR, Community Relations maupun Community Service. Bantuan yang diberikan bisa hanya dalam konteks sebagai konsultan, atau sampai tataran pelaksanaan kegiatan.

4.    Publikasi (Jurnal & Buku)

Puskakom UAI melakukan kegiatan publikasi berupa penerbitan Jurnal dan buku yang terkait dengan bidang Komunikasi. Produk publikasi yang telah berhasil diterbitkan oleh Puskakom UAI adalah Jurnal Commline. Puskakom UAI juga memberikan dukungan bagi kehadiran buku Komunikasi seperti Managemen Krisis Komunikasi, buku Public Speaking.

5.    Komunikasi Strategis & Pengembangan

Puskakom UAI memberikan bantuan dan pelanyanan di bidang Pengembangan dan Sosialisasi Pesan, Pengembangan Media Komunikasi, Periklanan dan Kampanye. Kegiatan terkait dengan bidang Komunikasi yang bersinggungan dengan issue Komunikasi kesehatan, pariwisata, politik, lingkungan.

Kluster kegiatan ataupun locus kegiatan Puskakom UAI meliputi berbagai bidang yang berkaitan, bersentuhan dan bersinggungan dengan bidang Komunikasi, seperti:

Corporate Identity; Community Relations; Corporate Image; Hubungan Perusahaan dengan Publiknya (Public Affairs); Pemetaan Sosial, Ekonomi dan Politik Lingkungan Organisasi; Corporate Social Responsibility; Opini Publik dan Monitoring Media; Disaster Management;  Mangemen Krisis dan konflik; Special Event; Pemasaran (pemasaran Komersil dan Pemasaran Sosial); Periklanan; Public Relations; Komunikasi Organisasi; Komunikasi Kelompok; Komunikasi Politik; Media Baru; Riset Khalayak, Pretest & Postest Material Campaign; Cunsumer Behavior; Komunikasi Kesehatan; Komunikasi dan Pemasaran Priswisata; Branding; Graphic Design; Media Specialist; Exhibition Design; Public Speaking; Media relations; Audit Komunikasi; Jurnalistik, Fotografi; Pola Penggunaan Media; Literasi Media.

 

Organisasi

Advisory Board

Prof. Dr. Yahya A. Muhaimin;

Dr. Ahmad Lubis, P.hd;

Drs. Bambang Kristianto

Executive Board

Head of Center

Soraya, S.Sos., M.Si

Executive Secretary

Lestari Nurhajati, S.Sos., M.Si

Associate

Drs. Adhi Purnomo (Praktisi Periklanan, Business Director); Dra. Alma  Mandjusri  (Praktisi Periklanan);  Arrya Dianta, S.Sn (Praktisi Media, fotografi, Graphic Designer);  Budhita Arini, S.Sos (Penulis Skenario, Praktisi Media); Damayanti Wardyaningrum., SE., M.Si (Akademisi,  Trainer Komunikasi);  Drs.  Edhi Susilo (Praktisi  PR dan Pemasaran, Special Event Specialist);   Edoardo Irfan, M.Si (Akademisi, Pengamat Film); Firsan Nova, M.Si, Doc. Candidate (Praktisi dan Penulis Buku PR, Crisis Management Consultant); Gun Gun Heriyanto, M.Si, Doc. Candidate (Pengamat Politik, Penulis buku, Konsultan Komunikasi Politik);  Irwa R.Zarkasi, M.Si, Doc. Candidate (Akademisi, Praktisi Media);  Lestari Nurhajati, M.Si (Akademisi, Jurnalis, Social Marketing Specialist); Muhammad Iqbal, M.Si, Doc.Candidate (Akademisi, Peneliti, Konsultan Komunikasi); Ir. Nandha Julistya, S.Sos (Praktisi CSR, Trainer Komunikasi, Disaster Management Specialist); Drs. Nurul Robbi Sepang, M.Si (Peneliti Sosial dan Politik);  Pontjo Mulyono, M.Si (Akademisi, Konsultan Managemen); Rahmi Setyawati, M.Si (Akademisi, Konsultan Pemasaran dan Pariwisata);  Sari Monik Agustin, M.Si (Akademisi, Konsultan Riset);  Soraya Fadhal, M.Si. (Peneliti Komunikasi dan Media, Akademisi); Dra. Sri Riris, M.Si (Jurnalis, Konsultan Komunikasi);  Drs. Tono P,  M.Si (Praktisi PR, Akademisi);  Drs. Widyasena (Praktisi PR);  Dr. Wahyuningsih Subekti, M.Si., M.Psi  (Akademisi)

 

Partner dan Jaringan

Puskakom UAI  secara konsisten melakukan pengembangan jaringan dam kerjasama, baik secara individual maupun organisasi dengan berbagai lembaga dan organisasi, profit dan non profit dalam berbagai bidang yang bersentuhan dengan dunia Komunikasi.

1.    Institusi Pendidikan:           

Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanegara; Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana;  Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran; Institut Teknologi Bandung; Jurusan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada-Yogyakarta; MBRC  FISIP Universitas  Indonesia; Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina; Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Islam Indonesia-Yogya; Fakultas  Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila; Pusat Bahasa UAI; Faculty of Communication Sciences, Anadolu  University-Turkey; Faculty of Arts & Social Sciences, New South Wales University-Australia; Fatih University-Turkey; Fujian University-Cina, dsb.

2.    Association:

Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (Aspikom) ; AMIC (Asian Media Information and Communication Centre), International Association on Media and Communication Research (IAMCR)

3.    Organisasi Pemerintahan:

Kementrian Pekerjaan Umum RI, Kementrian Pendidikan Nasional RI, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) RI, Kementrian Komunikasi dan Informasi RI, Kedutaan Besar Amerika (Seksi Kebudayaan), Departemen Luar Negeri RI, Pemda Depok, Pemerintah Daerah  Sawangan-Magelang, dsb.

4.    Lembaga Swadaya Masyarakat:

Yayasan Pengembangan Media dan Anak/YPMA; The Political Literacy Institute, Masyarakat Peduli Media (MPM)-Yogya, TIFA Foundation, MAKSI (Masyarakat Komunikasi Indonesia)

5.    Institusi Lain:

PLN; Bank Syariah Mandiri (BSM);  Bank Mandiri; Trans TV; Astro TV; Metro TV; TV One; SUN TV; TVRI; Perusahaan susu Lembang ; AGB Nielsen; EURORSCG ADWORK Advertising  Agency;  Kharisma Advertising Agency; Kompas  Group; Radio Republik Indonesia (RRI); Radio Mustang ; Majalah Anneka Yes;  Jakarta Post; Inilah.com.


Info

Pusat Kajian Komunikasi UAI

Kampus Universitas Al Azhar Indonesia, Lt. 4

Kompleks Mesjid Agung Al Azhar, Jl Sisingamangaraja

Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110

Email

puskakom.uai@uai.ac.id

soraya@uai.ac.id

lestari@uai.ac.id

Phone (62-21) 727 927 53

Fax (62-21) 724 4767

www.uai.ac.id